Demo Kok Bakar Ban

Thursday, May 22, 2008

Temans-temans mahasiswa sekalian taukah kamu sekalian kalau ban bekas yang dibakar polusinya jauh lebih besar daripada pembakaran kayu. Dan asap hasil pembakaran ban bekas jauh lebih menyesakkan jika dihirup manusia. Apakah yang kalian maksud dengan membakar ban bekas saat berdemo?

Apa? hayooo? apaa? saya belum menemukan esensi apa yang teman teman lakukan. Terkadang temans unjuk rasa cinta lingkungan dengan bersepeda. Say no to pembakaran hutan. say no to CFC, say no to pulusi. Eh kok giliran demo kenaikan BBM yang saya tonton tadi pagi temans-temans dengan gegap gempita membakar ban bekas. Gas itu bisa kemana-mana mas. Polusi bukan seperti gula yang mudah larut di air dan enak diminum. Polusi ban bekas itu nyesakkan dada. Siapa tahu beberapa blok dari lokasi ada seorang bayi yang sedang menyyusu ke IBunya. Si ibu menghirup juga bayinya. duh!

Tadi pagi, sampai sekarang saya masih pilek. Untung saya pilek jadi saya gak bisa cium bau asap ban bekas lewat TV tadi pagi. Huuuuuuhhhhh.... Saya juga mahasiswa. Tapi gak suka bakar ban bekas.

ketiked by mas johan asa di 10:22 PM 1 komentar  

Obat Pilek Campur Sabu

Wednesday, May 21, 2008

Orang jawa Called This 'Irung Mbeler'. IRung Mbeler iku jenenge pilek bro. Lah aku kena pilek karena kemarin Senin habis Indiana Jones-an cari harta karun berupa data kontur sungai jembatan KEreta api mojokerto tarik di lemari PT KAI yang penuh debu. Kondisi badan memang not good awalnya. Kena debu lemari berkas trus minum es teh beli di warung kopi bukan langganan pas pulangnya. BElum lagi sepanjang perjalanan pulang dari KAI saya bernyanyi-nyanyi girang karena menemukan data yang saya impikan. Debu otomatis gampang melenggang ke rongga mulut masuk tenggorokan dan bersarang disana bersama virus influenza. Tak lama, malamnya sudah kurasakan derita flu ini.

Pagi ini semakin not good.. unwell banget tubuh ini. Semakin parah dengan tugas kuliah yang belum kelar dan tugas di Laboratorium yang berjibun. Kudu sembuh minimal jumat pagi. karena malamnya saya mesti berangkat ke Bali untuk survey lokasi proyek yang sedang ditangani Laboratorium Struktur.

Siang ini kucari tahu tentang obat yang mujarab untuk flu ke teman2 di list Yahoo Messenger. Mbak indah menyarankan saya untuk beli obat flu merk Actifed tablet. Kupikir itu resep bagus mengingat mbak Indah adalah mantan wartawan senior yang mestinya punya banyak kenalan orang medik. Sorenya setelah ashar kupacu motor ke apotik terdekat dengan kampus. Jreng.. si mbak yang jaga apotik lumayan. Prediksi saya dia mahasiswa medis, kedokteran. Lah disana saya ngotot cari Actifed tablet. Kata si mbak yang ada Actifed sirup.

Harga Actifed sirup dibandingkan dengan obat flu lain yang sirup cukup meyakinkan. Actifed lebih mahal beberapa ribu rupiah. Sempat si mbak apotik menawarkan obat yang lebih murah tapi saya pikir harga itu bicara kualitas. Dan terbelilah Actifed botol kuning seharga 20ribu lebih dikit. Sesampai kampus lagi segera saya minum satu sendok, sesuai dosis. Hmm masih penasaran dengan pencarian actifed tablet, saya sempatkan browsing mbah google nanya keberadaan Actifed tablet. ternyata eh ternyata artikel yang ku dapat adalah artikel tentang obat tablet merk ini yang ditarik dari pasaran karena mengandung bahan baku Shabu-Shabu. salah satu artikelnya cek disini.

Dalam actifet terkandung pseudoephedrine, zat yang merupakan prekursor (bahan baku) pil ekstasi dan sabu. Dalam 100 miligram tablet tersebut terkandung 60 miligram pseudoephedrine. Nah dalam yang sirup ini juga ada zat tersebut tapi dosisnya lebih rendah, hanya 30 miligram. Wah gimana ini? bisa sakaw dong nanti.

ketiked by mas johan asa di 2:10 PM 0 komentar  

Internet Semua Ada

Tuesday, May 20, 2008

Dunia Nyata, Dunia Gaib, Dunia Maya (Cyber). Mungkin saat ini begitulah pembagian ranah dunia. Dunia nyata untuk makhluk2 kasar seperti manusia, dunia gaib dihuni oleh makhluk halus, sedangkan dunia maya diisi oleh imigran kedua dunia sebelumnya. Dunia maya menjadi tempat pertengahan pertemuan antara kasar dan lembut. Dunia Maya kerap kali membuat makhluk kasar terlena.

Dunia Maya, internet, sangat luas. Kiranya tak terbatas. Berupa-rupa. Kebaikan dan keburukan tumplek blek nyaris tanpa saringan. Makhluk dunia Nyata yang kerap keblinger dengan yang ditawarkan dunia Maya. Mungkin juga karena terhasut makhluk dunia halus. Ahh siapa yang tahu.

Situs porno, ajakan ikut aliran sesat, kekerasan, sampai sarana menjual keperjakaan ada. Apalagi menjual keperawanan tentu sangatlah bisa di Internet. Koran Harian Jawapos Senin lalu (19/5) seakan menyambut hari kebangkitan Nasional yang kental dengan gerakan intelektual mengulas tentang fenomena grey chick, penjaja seks komersial yang masih berstatus pelajar SMU. Mereka, gadis bispak (bisa dipakai, red), juga memakai dunia Maya sebagai tempat pertemuan deal transaksi haramnya. Luar biasa. Amazing, mereka sudah Hi Tech, kiranya kalau dikata Mr. Habudi penjiplak Habibie dari republik BBM.


Setelah membaca halaman koran Jawapos itu malam harinya masih ditanggal yang sama (19/5) saya mendapat kuliah dari seorang dosen mata kuliah Beton. Sang dosen saat itu pamer foto gempa china. Herannya, Ia tampak lebih bersemangat menceritakan tentang bagaimana ia mendapat foto kejadian gempa china daripada menjelaskan tentang mengapa banyak bangunan china yang roboh karena gempa itu, apa ada yang salah dengan desain struktur mereka mereka?. Sang dosen ternyata mendapat foto dari internet dan mengajak segenap mahasiswanya untuk memanfaatkan google. "Saya ambil ini langsung dari internet, mudah," kata sang dosen mengajak. Mahasiswa pun dibikin kecut oleh dosen senior yang kiranya baru melek internet itu. ummmm.. Setidaknya angkatan tua pun merasakan dahsyatnya arus informasi saat ini .

Disela kuliah itu saya menengok ke alas kaki yang saya pakai. Ya, sepatu ini saya beli dari Internet. Membeli tanpa bertatap muka dengan penjual. Hanya saling kirim messege di forum milis. Melihat etalase barang dagangan di website personal penjual. Tanya ini itu lewat jalur yahoo messenger dan berakhir dengan deal harga plus ongkos kirim dari jakarta sampai surabaya. lalu terjadilah tukar menukar nomor rekening, nama, dan alamat lengkap. uang saya transfer dan sehari kemudian sepatu imitasi dari produk jepang ini pun saya kenakan. Hebatnya dunia cyber.

Tidak hanya itu, ketakjuban sang dosen yang baru melek internet itu juga bikin saya tersenyum sendiri, saya kan termasuk imigran dari dunia Nyata. Saya pecandu ranah Maya. Masih saat kuliah itu, ponsel saya bergetar, ada sms. Hahaha, ponsel itu juga saya beli dari internet. Saya beli dari pedagang keramik yang kebetulan dapat hadiah ponsel nokia 2310 brand new dari order ratusan dos keramik yang ia datangkan dari distributor. Harga yang saya dapat pun selisih seratus ribu dari harga di toko ponsel saat itu. Lumayan!

Saya pribadi memang lebih nyaman transaksi online. Barang yang saya dapat selalu memuaskan, belum pernah sekalipun saya merasa tertipu. Saya juga tak harus capek jalan keliling mall untuk mendapatkan sepatu yang cocok. atau keliling sentra gadget untuk membeli sebuah ponsel. Hemat tenaga singkat kata. Dan lagi juga bisa dibilang efisiensi waktu. Bayangkan melakukan transaksi, tawar menawar hanya dilakukan didepan monitor PC atau laptop. Bisa disambi sambil ngapain aja di rumah atau dikantor.

Siapapun penghuni dunia Nyata bisa menjadi apapun di Internet. Sekalipun menjadi pribadi yang sangat berbeda dengan siapa sebenarnya dia di dunia nyata. Mau jadi shopaholic online bisa. Jadi pedagang bisa. Jadi trader valas, forex bisa. Jadi carder yang mbobol rekening orang juga bisa. Atau mau jadi pelanggan setia grey chick juga sangat terlalu mungkin. Terserah mau memposisikan diri menjadi apa di dunia pertengahan ini. Dunia maya yang serba alias. Penuh samar-samar.

Terserah anda sekarang, di Internet semua ada. Saya berharap UU ITE yang dirancang Menkominfo dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga imigran antar dunia lebih terarah tidak keblusuk.

ketiked by mas johan asa di 5:58 PM 0 komentar  

Kemarin Ternyata Bukan Hari Baik

Kemarin ternyata bukan hari baik. Kemarin hari baik memang tapi hanya sampai tengah hari. Kemarin hari mujur saya memang tapi hanya saat saya menemukan berkas pendukung data tugas akhir (TA) saya di lemari berdebu Depo Lokomotif bagian jalan dan jembatan PT KAI yang beralamatkan di Sidotopo. Hari baik memang saat sebelumnya itu, karena selama sebulan bolak balik kantor DAOP PT KAI area stasiun Gubeng akhirnya proposal TA saya disetujui KASI SDM yang ruwet, dan akhirnya bisa mengambil data di kantor Sidotopo itu.

Hari baik saya memang karena di depo loko Sidotopo, para birokratnya lebih ramah dari si KASI SDM di gubeng yang membuat saya cemas hingga berpikir urung ambil TA jembatan kereta api. Hari baik saya memang kemarin, karena selama perjalanan setelah mendapat data saya menyanyi2 sambil menyetir motor. HAri baik saya memang tiba dikampus dilirik gadis berbaju merah yang benar saya belum kenal. Hari baik saya memang kemarin, tapi hanya sampai disana.

Tugas saya dua belum tergarap. Saya memang menggampangkan karena berpikiran teman2 kontrakan untuk ngerjakan bareng tugas-tugas itu. Lebih ringan jika dikerjakan bersama-sama memang. Lebih senang juga jika sudah ada yang selesai mengerjakan. Gotong Royong itu prinsip sederhananya. Tapi itu gak berlaku dihari itu. Kontrakan sepi. Banyak yang penganut hari kecepit nasional rupanya. Hanya sedikit yang mau masuk kuliah malam harinya. Dengan sisa personil yang ada kami mengerjakan tugas langkah demi langkah. Ada dua tugas yang harus dikumpulkan malamnya. Dan kami belum semua. Kegiranganku dapat data TA yang kudamba sirna seketika. Kami Gotong Royong kebut tugas. Indahnya dunia mahasiswa.

Hari ini semakin kacau lagi dengan tidak masuknya saya ke laboratorium struktur, tempat saya cari duit. Ibu Endah telepon ditengah genting ngerjakan tugas. Saat itu teman2 histeris karena pusing dengan tugas. ada yang teriak saat si Ibu kepala laboratorium itu menelpon. Parahnya, nomor telepon lab lupa saya masukkan di phonebuk HP baru saya. saya kira hanya telpon dari orang yang minat dengan handphone lawas yang saya jual, tapi sudah laku siangnya. Saya jawab sekenanya. Eh ternyata Ibu Endah yang meminta saya ikut survei proyek di Bali weekend depan. Dan artinya dua pekan saya tidak rehat sama sekali. Lengkap sudah kebahagiaan ini.

ketiked by mas johan asa di 4:08 PM 0 komentar  

kau membuat ku berantakan

Sunday, May 4, 2008

Mampus. Sia-sia bangets. Malam ini nginep di kantor redaksi ITS Online lagi. Niatnya melakukan editing naskah majalah. Eh ternyata oh ternyata saya jadi malas, itu semua karena virus amburadul dan jpeg jadi aplication di komputer yang ada naskah beritanya. Komputer jadi lemot dan susah banget saya dibuatnya. Benar benar kau membuat ku berantakan, kau membuatku jadi tak keruan. Virus gebleg kau memang goblok. Malam ini jadi malas dan terlewati hanya dengan chating browsing dan watching video bajakan.

Ohhh.. Sungguh benar kau membuat ku berantakan. Sekarang kepalaku pusing. Bangun kesiangan. Dan menyadari telah sia-sia semalaman. Hakakakaka, padahal pamitnya ke mama memang lembur majalah. Eh taunya malah begadang gak bermakna gini. Ohh... Maafkan anakmu yang tak pulang ini mama.

Mungkin jika ada yang tahu bahwa virus ini jahat dan tahu cara menjinakkannya. Tolong dong saya dibagi ilmunya. Yang berbayar jangan, gratisan aja. Klo pun berbayar bolehlah, klo cewek ai bayar dengan kasih sayang. Klo cowok ai bayar dengan kasih sayang juga. Wehehehehe.

ketiked by mas johan asa di 6:56 AM 0 komentar  

masa penyembuhan, saya sibuk dan jangan sentuh aku

Saturday, May 3, 2008

memang benar. putus cinta itu sakit. apalagi kalau memang itu adalah seseorang yang terkasih, ter-unik, ter-spesial dan sekaligus ter-jeleks dimata kita. cinta itu rumit. cinta itu kadang pedih. tak jarang juga cinta mematikan. tapi yaa mengapa segenap yang bernyawa memujanya? mungkin karena memang cinta itu fitrah. anugrah tak tergantikan. cinta pun bisa apa saja bentuknya, tak hanya sepasang kekasih. halah intro-ku kok sok sok-an. guayamu jo jooo...

ya yaaa, ngene loh rek, sekarang kan malam minggu. entah sudah berapa minggu saya merasakan unwell karena cinta. ya saya putus cinta. eohh, saya memang gak ingat kapan saya mulai sendiri. yang saya ingat saat itu, bulan lalu, habis asistensi tugas kuliah. malam hari. dia datang, karena eh karena kita memang sepakat. dan kita sepakat akhiri semua dengan baik. dengan baik. terjadi cepat. kita tampak tegar bugar saat itu. masih tampak perfect dimata penonton saat mengucap good bye. :(

saya tahu konsekuensinya. yang baik terkadang pahit. semua orang dewasa, sudah baligh dan pernah minum jamu pegal linu pasti juga tahu konsekuensi itu. gak terkecuali saya, tahu akan kebaikan ini menyakitkan. sangat pahit untukku.

seperi dihembuskan situs pencari teman friendsterdotkom, hakikat seorang manusia salah satunya didefinisikan dengan pilihan status: single, married, in relationship dan it's complicated TM (TM tauk lah apa! trademark mungkin). saya juga demikian. peralihan status saya lakukan di account saya di situs tersebut. memang ini adalah bagian dari penyembuhan. penyembuhan tak berarti melupakan. tapi mayoritas memang ingin melupakan karena itu tadi, sakit dan pedih yang terbuat.

akhir-akhir ini saya juga merasa jadi pemarah. tahulah, mas johan asa dimata teman adalah sosok yang kalem, charming dan sekaligus guilani. akhir-akhir ini perasaan saya unwell berat, akut kronis. pekerjaan saya kacau. rasanya agak susah konsentrasi baik itu belajar maupun bekerja. buang air besarpun susah. dan lebih cuek dengan sekitar tapi masih belum kencing sembarangan. huahahaha

awalnya indikasi itu kukira karena kebanyakan makan rawon. ya setiap istirahat makan siang saya suka menu rawon, tambah nasi, plus telor asin. tak lupa minuman favorit saya es milo. goblog juga. mudah naik pitam ini saya kambing hitamkan pada rawon bu kantin. lebih goblog lagi rawonnya kan pake daging sapi. hehehe.. (perihal ini sempat saya curhatkan ke tyas, temen sma, dan lagi lagi saya dikira sarap)

tapi untungnya tak lama dan tak berlanjut dugaan bodoh saya terhadap rawon itu sirna. kawan-kawan dekat meyakinkan saya. saya overload kata mereka. busyet. dasar mahasiswa sipil. menilai orang juga dari beban (load). yaa.. sejak saat itu dugaan saya jauh dari rawon. maaf ya won, i love u, tetep suka kamu won. bener deh.

overload. muka capek. tambah kurus. itu semua kata mereka. dua deskripsi yang awal saya terima. tapi yang kurusan itu, heeeehh perasaan memang kurus sejak jaman purba. kuakui, saya capek, banget banget. ini memang resiko menjadikan diri sebagai mahasiswa gampangan yang tak mudah dipermainkan. resiko orang bercita2 enjiner sejati tanpa ampun.

akhir-akhir ini banyak kerjaan. kerjaan saya di laboratorium struktur sebagai asisten enjiner serabutan sedang gencar deadline laporan proyek. lalu kerjaan saya di ITS Online juga membutuhkan koordinasi yang gak jarang. belum lagi bulan ini adalah deadline majalah ITS Point yang saya kebagian menggantikan redaktur pelaksana yang cuti sementara. otomatis yang dimajalah, saya yang sang redaktur rubrik juga merangkap redaktur pelaksana. ohhhh myyyyy god! klo kamu anak arsitek, sipil atau planologi ITS yang sering liat cecunguk jeleks seliweran bolak balik kampus sipil-rektorat-perpustakaan. nah itu saya, tak lain tak bukan the poor guy, mas johan asa.

pikiran bercabang. multitasking sudah jadi keseharianku. gak baik memang. dan ini gak islami. gak dianjurkan oleh rasulullah. tapi bagaimana lagi. ini memang proses. saya masih belajar untuk jadi seperti lirik yang dinyanyikan grup ratu. saat ini kepala ini memang masih menyanyikan lirik, "jika mau makan aku ingat kamu, ini dan itu.. jika mau tidur aku ingat kamu ini dan itu".

kupikir apa yang kualami sudah cukup lengkap untuk menjadikan saya gak waras. overload kerjaan, masa penyembuhan karena cinta, ditambah kuliah yang semakin berat. ketiga kombinasi yang seharusnya jika dipikul orang gak kuat mental bisa-bisa menambah omzet industri racun pembunuh serangga dan tali tampar.

jadi, dalam posting ini saya minta maaf pada temans dan rekans sekalian. jika saya menyakitkan tolong maafkan. saya dalam proses penyembuhan, saya dikejar deadline maka jangan sentuh saya. hehehe sentuh dalam hal ganggu lho rek.. klo ada yang mau sentuh dengan tatih tayang ya monggo.. ndak apa.. mumpung belum jadi jablay. wekekeke... dan dapat disimpulkan pemarah saya bukan karena sering makan daging. apalagi memfitnah rawon. sungguh tak adil rasanya. maaf ya won.. i love u.. but i miss her too and a lot task waiting for me.

ketiked by mas johan asa di 8:17 PM 2 komentar  

blog ini memang tidak penting

Memang blog ini tidak penting. Postingnya tidak bermutu. Jangankan lumayan, blog ini hanya buat pembaca jenuh, murung lalu menghina mas johan asa. Ini memang salah saya. Siakan fasilitas, gak cinta Indonesia. Saya sadar saya jelek makanya sehari saya mandi satu kali dan jarang bikin posting. Tapi eh tapi, mas johan asa tahu dosa. Mubazir itu dosa, kawannya setan katanya. Makanya ihh takut. Tak maulah jadi pendosa. Disiksa membaca blog expired selamanya.

Memang semua terlanjur. Blog ini sudah sekarat. Tapi saya ingin tobat. Dari jelek menjadi tampan. Kata orang pinter dan melek IT (baca: ai ti) orang ganteng main blog. Orang kondang juga katanya doyan posting.

Makanya, meski blog ini memang tidak penting tapi saya mau berubah. Dari jeleks (baca: jelek bangets) jadi gantengs (baca: ganteng bangets). Doakan yah sob. Doain yah jeng. Pray for me bro and sis. Dungakno yoo rek.

UNTUK ITU MARI JALIN KERUKUNAN ANTAR UMAT BLOG SE-INDONESIA! (diucapkan dengan pose mengajak ala presiden yudhoyono)

ketiked by mas johan asa di 6:09 PM 0 komentar